Halaman

Senin, 20 Agustus 2012

Psikologi Pendidikan - Pengertian Psikologi

Pengertian Psikologi
Psikologi berasal dari bahasa Yunani psyche ‘jiwa’ dan logos ‘ilmu’. Jadi secara harafiah psikologi artinya ilmu jiwa.
Pengertian psikologi selanjutnya: (1) ilmu tentang kehidupan mental; (2) ilmu mengenai pikiran; (3) ilmu mengenai tingkah laku.
Pengertian Psikologi
Gleitman: psikologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku manusia, alasan, dan cara manusia melakukan sesuatu, serta memahami bagaimana manusia berpikir dan berperasaan.
Bruno: psikologi adalah studi tentang roh; ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental, dan ilmu tentang tingkah laku organisme.


Pengertian Psikologi
Crow and Crow: psikologi adalah ilmu tentang tingkah laku manusia dan interaksinya dengan dunia sekitar.
Sartain: psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup terutama tingkah laku manusia.
Jenis Psikologi
Psikologi metafisika: menyelidiki hakikat jiwa.
Psikologi empiri: menyelidiki gejala kejiwaan dan tingkah laku manusia dengan pengamatan, percobaan, dan pengumpulan data yang berhubungan dengan gejala kejiwaan manusia.
Jenis Psikologi Empiri
Psikologi umum: menyelidiki gejala kejiwaan manusia pada umumnya.
Psikologi khusus yang menyelidiki gejala kejiwaan manusia menurut aspek tertentu: psikologi  perkembangan, psikologi kedokteran/klinis, psikologi sosial, psikologi anak, psikologi pendidikan, dsb.
PENGERTIAN PENDIDIKAN
KBBI: proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan
Dictionary of Psychology: tahapan kegiatan yang bersifat kelembagaan yang digunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam menguasai pengetahuan, kebiasaan, sikap, dsb.
PENGERTIAN PENDIDIKAN
Poerbakawatja dan Harahap: usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk meningkatkan anak ke kedewasaan yang mampu menimbulkan tanggung jawab moral dalam segala perbuatannya.
PENGERTIAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Barlow: pengetahuan yang didasarkan pada riset psikologi yang menyediakan sumber-sumber untuk membantu guru melaksanakan pembelajaran secara lebih efektif.
Tardif: bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang tingkah laku manusia untuk usaha pendidikan
PENGERTIAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Witherington: studi sistematis tantang proses dan faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.
Alice Crow: studi tentang belajar, pertumbuhan dan kematangan individu, serta penerapan prinsip ilmiah tentang reaksi manusia yang mempengaruhi pembelajaran.
Sumadi Suryabrata: pengetahuan ilmu jiwa mengenai anak didik dalam situasi pendidikan.
PSIKOLOGI PENDIDIKAN  SEBAGAI ILMU
Ontologis: obyek psikologi pendidikan adalah perilaku individu yang terlibat dengan pendidikan, seperti peserta didik, pendidik, administrator, orang tua peserta didik dan masyarakat pendidikan.
Epistemologis: teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip dan dalil-dalil psikologi pendidikan dihasilkan berdasarkan upaya sistematis.
Aksiologis; manfaat psikologi pendidikan terutama sekali berkenaan dengan pencapaian efisiensi dan efektivitas proses pendidikan.
METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Introspeksi: melakukan pengamatan ke dalam diri sendiri/self observation dengan melihat keadaan mental pada waktu tertentu.
Observasi: kegiatan melihat sesuatu di luar diri sehingga yang diperoleh merupakan data overt behavior (perilaku yang tampak).
Metode Klinis: digunakan untuk mengumpulkan data secara lebih rinci mengenai perilaku penyesuaian dan kasus-kasus perilaku menyimpang: (1) Studi Kasus Klinis, (2)  Studi Kasus Perkembangan
METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Metode Diferensial: digunakan untuk meneliti perbedaan individual yang terdapat di antara anak didik.
Metode Ilmiah: merupakan prosedur yang sistematik dalam memecahkan permasalahan dan merupakan suatu pendekatan objektif yang terbuka untuk dikritik, dikonfirmasikan, dimodifikasi atau bahkan mungkin ditolak kebenarannya oleh penelitian berikutnya. 
Metode Eksperimen: melakukan pengontrolan secara ketat terhadap faktor atau variabel yang diperkirakan dapat mencemari atau mengotori hasil penelitian.
MANFAAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN
Merumuskan tujuan pembelajaran secara tepat.
Memilih strategi/metode pembelajaran yang sesuai.
Memberikan bimbingan dan konseling.
Memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik.
Menciptakan iklim belajar yang kondusif.
Berinteraksi secara tepat dengan siswanya.
Menilai hasil pembelajaran yang adil.


KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN
1. Kontribusi Bagi Proses Pendidikan
    a. Penggunaan audio visual aids
    b. Membantu dalam pengelolaan sekolah
    c. Membantu dalam penyusunan jadwal pelajaran
    d. Membantu terhadap produksi buku pelajaran
    e. Memberi dasar bagi penyusunan kurikulum

KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN
2. Kontribusi Bagi Peserta Didik
    a. Mengerti hakikat belajar
    b. Pendidikan yang lebih kooperatif dan demokratif
        bagi siswa
    c. Membantu perkembangan kepribadian siswa
         melalui kegiatan ekstra/intra kurikuler
    d. memahami diri siswa
    e. memahami teman
    f.  Memahami  kelebihan diri
   

KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN
3. Kontribusi Bagi Pendidik:
    a. Pendidik lebih terbuka terhadap perbedaan
        individu
    b. Mengetahui metode mengajar yang efektif
    c. Memahami permasalahan anak didik
    d. Membantu dalam evaluasi belajar
    e. Meningkatkan kemampuan meneliti
    f.  Mengarahkan pendidik dalam menangani anak-
        anak khusus


   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar