Halaman

Senin, 20 Agustus 2012

Psikologi Pendidikan - Motivasi


PENGERTIAN MOTIVASI
Secara etimologis dari bahasa Latin   movere atau bahasa Inggris to move ‘menggerakkan’
Secara psikologis motivasi adalah proses psikologikal yang menyebabkan timbulnya, diarahkannya, dan terjadinya persistensi kegiatan sukarela yang diarahkan ke arah tujuan tertentu


SUMBER MOTIVASI
MOTIVASI  INTRINSIK
MOTIVASI  EKSTRINSIK
MOTIVASI INTRINSIK
1.  Pengertian
    Adalah motivasi yang berasal dari dalam diri siswa yang ditimbulkan oleh kesadaran akan manfaat yang berupa
    * keterpakaian dalam kehidupan
    * memperluas wawasan
    * memberikan kepuasan
    * memberikan kebanggaan   
2.  Sifatnya tidak selalu timbul dalam diri siswa dan bertahan lebih lama

MOTIVASI INTRINSIK (lanjutan)
3. Tanda-tanda
keterlibatan, kreativitas, dan menikmati       pelajaran
suasana hati positif (mood)
Muncul pertanyaan dan mengaitkan dengan kehidupan nyata
Ada diskusi lanjutan
Penyelesaian tugas tanpa peringatan
Berusaha keras menyelesaikan tugas
Mengusulkan tugas yang relevan
Mengupayakan penguasaan materi secara mandiri
 

MOTIVASI EKSTRINSIK
Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar diri siswa yang bersifat positif dan negatif
Sifatnya mudah hilang dan jika dilakukan terus-menerus menimbulkan motivasi intrinsik
TEORI MOTIVASI
TEORI ISI (Content Theory): teori yang menekankan perlunya memahami faktor internal yang mendorong aktif.
    - TEORI KEBUTUHAN MASLOW
    - TEORI KEBUTUHAN McClelland
TEORI PROSES (Process Theory): teori yang menekankan bagaimana dan dengan tujuan apa orang dapat dimotivasi.
TEORI PERILAKU (Reinforcement Theory): teori yang menekankan keberhasilan seseorang pada masa lalu

TEORI KEBUTUHAN MASLOW
Ada lima hirarki motivasi kebutuhan manusia
    - merealisasi diri
    - penghargaan diri
    - kebutuhan sosial
    - keamanan atau rasa aman
    - fisiologikal
TEORI KEBUTUHAN MASLOW
Empat hal yang perlu diingat
    jenjang motivasi berurutan
    jenjang motivasi tidak mungkin bersamaan
    jika telah sampai jenjang tertentu tidak lagi      termotivasi dg faktor sebelumnya
    jika kondisi tak terpenuhi kebutuhan       menurun

TEORI KEBUTUHAN McClelland
Ada tiga motif:
    - motif berprestasi (Need for Achievement)
    - motif berafiliasi (Need for Afiliation)
    - motif berkuasa (Need for Power)
Beberapa motif bisa muncul bersamaan
TEORI PROSES
Kunci motivasi adalah harapan dan kekuatan
Rumus yang dikemukakan P = M X A
    P = prestasi
    M = motivasi
    A = ability (kemampuan)
Ada 3 kemungkinan
Jika kemampuan rendah tanpa motivasi, prestasi tetap rendah
Jika kemampuan rendah diberi motivasi tinggi dan kuat, tidak akan mencapai prestasi tinggi
Jika kamampuan tinggi dan motivasi kuat,  prestasi tinggi
PERUBAHAN MOTIVASI
KEBUTUHAN TERPENUHI
PEMENUHAN KEBUTUHAN TERHALANGI
DISONANSI KOGNITIF
FRUSTASI
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMBERIAN MOTIVASI
Memahami perbedaan individu
Individu memiliki kepribadian unik
Semua perilaku terjadi karena perubahan diri dan situasi
Individu cenderung egois
Emosi dapat dikenali dalam perilaku
Kita jarang tahu kondisi individu secara mendalam
DEMOTIVASI
HUKUMAN
SIKAP GURU YANG MENJAGA JARAK SOSIAL
REWARD YANG TIDAK TRANSPARAN
MEMPERMALUKAN SISWA DI DEPAN TEMAN

PEMBERIAN MOTIVASI MODEL ARCS
Attention (perhatian): baru, aneh, kontradiktif, kompleks
Relevance (kesesuaian): keb. berprestasi, keb. berkuasa, keb. bersosialisasi
Convidence (kepercayaan diri)
Satisfaction (kepuasan)
TUGAS 4
Bagaimanakah pengertian motivasi secara etimologis?
Jelaskan tiga perbedaan motivasi intrinsik dan ekstrinsik!
Jelaskan tiga teori motivasi yang Anda pahami!
Jelaskan penyebab perubahan motivasi!
Kemukakan hal yang termasuk demotivasi!
Bagaimanakah cara memberikan motivasi kepada siswa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar